layanan jodoh

Blogger Friend's

Monday, March 15, 2010

Jenis Free Kick Dan Tips Trik nya


1. Direct (langsung) : yaitu melaukan free kick dengan tujuan memasukkan bola langsung ke gawang.
2. Indirect (tidak langsung) : yaitu melakukan free kick dengan tujuan memasukkan bola ke gawang secara tidak langsung alias diumpan terlebih dahulu kepada rekan satu team.
3. Datar : mengeksekusi bola lewat tendangan mendatar.
4. Lambung : mengeksekusi bola dengan tendangan lambung.
5. Jauh : berkaitan dengan jarak bola dengan gawang kurang lebih diatas 25 meter.
6. Dekat : berkaitan dengan jarak bola dengan gawang kira-kira dibawah 25 meter.
7. Samping : letak bola sejajar dengan batas sisi kanan/kiri kotak pinalti.
8. Depan : letak bola berada di depan kotak pinalti.

Nah dari delapan istilah itu akan saling digunakan secara bersamaan dalam setiap pembahasan. Contoh misal kita akan melakukan tendangan bebas dari “samping dengan jarak jauh indirect lambung” berarti bola letaknya berada di samping kotak pinalti dengan jarak lebih dari 25 meter dan bola diarahkan ke rekan satu team secara lambung. Nah jelas kan?

Setelah paham dengan istilah di atas maka mau tidak mau kita harus melatih tendangan bebas ini melalui menu Trainning terlebih dahulu, dan pilih sub menu Free Kick. Salah satu hal penting dari latihan yang akan dilakukan adalah perhatikan dengan baik kontrol stik terhadap pemain yang telah kita pilih sebagai eksekutor bola.. Contoh mudahnya begini, jika memilih Gerrad sebagai eksekutor maka ketika menekan tombol kotak (power shoot) dengan gauge 1/2 hasil seperti apa? Atau jika kita tambah menjadi 3/4 akan berdampak bagaimana? Dengan pengulangan seperti itu maka ketika bermain di pertandingan yang sesungguhnya kita sudah otomatis mengulang kebiasaan yang telah dipraktekkan dalam latihan.

Oke mari kita mulai dari FK yang paling sulit.

1. FK Samping
Free Kick dari samping disebut-sebut sebagai tendangan bebas tersulit yang dapat dilakukan dalam Winning Eleven 10 atau seri WE lainnya. Dalam dunia nyata FK dari samping juga termasuk salah satu kesempatan mencetak goal paling susah.

a. FK Samping Jauh
Posisi bola berada sejajar dengan salah satu sisi samping kotak pinalti dengan jarak dari gawang lebih dari 25 meter dari gawang. Jangan berharap terlalu banyak apabila ingin menyarangkan bola secara direct ke gawang karena kemungkinan sangat kecil sekali. Kalau redakasi boleh memberi tingkat ukuran keberhasilan maka hanya sekitar 0% – 2 % saja.

Paling tepat tendangan bebas yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan FK indirect baik lambung atau mendatar. Dari dua alternatif ini maka kemungkinan terbesar membuahkan goal adalah lewat FK lambung bukan tendangan mendatar. Dalam WE 8 mungkin masih dapat dilakukan FK Samping Jauh dengan cara indirect mendatar, namun tidak dengan WE 10 karena bola akan tertangkap lebih dahulu oleh lawan atau posisi pemain penerima akan susah untuk melakukan first shoot ke gawang, sehingga kemungkinan membuahkan goal sekitar 5% saja. Satu-satunya cara yang masih mempunyai kemungkinan goal sekitar 20% hanyalah FK indirect lambung. Lakukan umpan lambung kepada rekan-rekan satu team yang sudah siap menerima bola di depan gawang team lawan. Kenapa hanya diperkirakan 20% karena kalaupun terjadi goal biasanya bukan karena first shoot atau first heading dari pemain namun lebih karena bola biasanya menjadi rebutan sehingga berubah menjadi bola liar. Kecuali memang posisi pemain kita dalam keadaan tepat dan mendapatkan bola yang “pas”.

Usahakan dalam melakukan tendangan pilihlah eksekutor kita yang tertinggi dan berada di sisi samping tiang gawang. Hal ini lebih terbuka menjadi sebual goal karena di tengah kiper sudah siap menerima atau menyerobot bola hasil tendangan yang kita lakukan.

b. FK Samping dekat
Posisi bola berada sejejar dengan salah satu sisi samping kotak pinalti dengan jarak kurang dari 25 meter ke gawang. Harapan dari FK ini untuk berbuah goal lebih besar dari type jarak jauh. Untuk melakukannya secara direct peluang mengalami kenaikan sehingga kemungkinan goal sekitar 5%, jika tidak yakin maka sebaiknya jangan dilakukan ketika score masih tertinggal atau seimbang. Jika kedudukan kita di atas angin (score lebih dan aman) bolehlah untuk membuat kejutan, siapa tahu benar-benar masuk di nilai perkiraan yang 5% tadi

No comments:

Post a Comment

Followers

 

Template Design By:
SkinCorner